Lipstik Bunda

oleh Adib La Tahzan

T: @TdmAdib | IG: @Adiblatahzan

Paginya Angga buru-buru membuat presentasi, sampai-sampai dia tidak peduli dengan Anton. Angga yang terlalu fokus dengan laptopnya membuat Anton kesal, karena biasanya habis salat subuh Angga mengajari Anton mengaji. Namun hari ini beda, Angga langsung fokus ke laptop. Hingga membuat Anton kurang kerjaan, di saat kurang kerjaan seperti ini Anton ke kamar ibunya diam-diam di saat ibunya di dapur. Sementara itu sang ayah masih mengaji dengan khusuk.

Anton mengambil lipstik ibunya, dia bawa ke kamar Angga.

“Dari mana, Dik?” tanya Angga yang masih fokus dengan laptop.

“Dari kamar ibu, Kak,” jawab Angga.

Namun, Angga tidak bertanya apa yang dilakukan Anton di kamar ibunya, karena Angga pikir Anton hanya main di kamar ibunya.

Anton cari seragam yang akan dikenakan Angga ke kampus, karena hari ini hari Kamis, Angga menggunakan baju warna biru, dan itu sudah Angga siapkan di gantungan baju paling depan. Anton pun mulai beraksi, Anton menggambar bibir di baju itu dengan menggunakan lipstik yang telah dia bawa dari kamar ibunya.

Sementara itu Angga masih fokus dengan laptop, hingga dipanggil ibunya.

“Nak, sarapan yuk. Sudah jam 6.”

“Iya, Bu,” jawab Angga.

“Adik kamu sudah siap apa belum?” tanya ibu Angga, karena biasanya Angga yang mempersiapkan baju dan buku Anton.

“Waduh, Bu. Angga lupa,” jawab Angga dari dalam kamar.

Angga menoleh ke belakang, ternyata Anton sudah rapi dengan seragam. Justru Angga yang belum ganti baju. Tanpa melihat Angga langsung memakai baju biru yang sudah dia siapkan. Mereka pun ke ruang makan.

“Anton pakai baju seragam sendiri, Nak?” tanya sang ibu kepada Anton.

Hanya dibalas dengan anggukan oleh Anton, kemudian Anton mengambil kursi untuk sarapan Saat ibunya melihat Angga, tertawalah sang ibu karena melihat baju Angga ada gambar bibir dengan lipstik, ibunya mengira kalau Angga habis ciuman sama seorang wanita.

“Anak ibu sekarang sudah berani ciuman nih?” tanya ibu Angga sambil berdehem.

“Paling dengan Anita, Bu,” timpal sang ayah.

Angga yang tidak mengerti apa yang dimaksud oleh orang tuanya pun bingung sambil terus sarapan. Selesai sarapan, Angga baru bertanya, “Kenapa kalian berpikir kalau Angga habis ciuman?”

“Itu baju kamu ada lipstik,” jawab sang ayah.Begitu tahu kalau bajunya ada bekas lipstik, Angga sangat kaget setengah mati.

Angga langsung ganti baju, walau harus cari alasan di depan dosen.

Adib La Tahzan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *