Tentang Jejakubikel

Apa itu Jejakubikel?

Jejakubikel adalah wadah untuk belajar menulis bersama. Pada peluncuran pertamanya, pada tahun 2010, Jejakubikel dirancang sebagai wahana bagi siapapun untuk berlatih menjadi penulis-penulis fiksi. Pada peluncuran ulangnya yang sekarang, yaitu pada tahun 2019 ini, Jejakubikel dirancang sebagai wahana bagi siapa pun untuk berlatih menjadi penulis apa pun.

Kenapa Cubiculum Notatum? Apa itu CubiNoters? Apa pula CubiFans?

Konon, ketiga pendiri Jejakubikel ingin menjadikan wadah ini sebagai tempat berbagi catatan dari balik kubikel mereka masing-masing. Dengan sok tahunya, mereka menerjemahkannya ke bahasa Latin seadanya, dan merasa Cubiculum Notatum sebagai nama yang baik.

CubiNoters adalah sebutan bagi orang-orang yang menulis di Jejakubikel. CubiFans adalah sebutan bagi orang-orang yang menikmati membaca tulisan-tulisan di Jejakubikel.

Siapa saja orang-orang di balik Jejakubikel?

Banyak. Gagasan awal peluncuran Jejakubikel dilahirkan dari diskusi-diskusi antara tiga pria (yang mengaku) tampan: @daprast, @therendra, dan @pramoeaga. Seiring berjalannya waktu, Jejakubikel pernah digawangi dan akan diramaikan oleh banyak pegiat dan peminat dunia penulisan.

Saya ingin belajar menulis. Bagaimana caranya Jejakubikel bisa membantu saya?

Jejakubikel mengeluarkan tantangan harian bagi semua orang. Tantangan ini dapat berubah-ubah setiap periode tertentu. Bisa saja berupa topik/ide, bisa berupa genre, bisa berupa apa saja. Dengan konsisten berlatih menulis setiap hari, memanfaatkan beragam tantangan harian Jejakubikel, kita bisa mengasah keterampilan menulis kita.

Tidak hanya itu. Jejakubikel akan menghadirkan moderator dan mentor, yang akan memberi masukan terhadap tulisan-tulisan yang dimuat. Jejakubikel juga bekerja sama dengan Menulis Se-Tema, yang memiliki group whatsapp untuk bertukar pikiran, dan untuk menyerap ilmu-ilmu dari beragam narasumber yang akan dihadirkan. Kelompok diskusi terbuka dan tertutup pun akan digalakkan di facebook Jejakubikel.

Berapa biaya untuk ikut belajar di Jejakubikel?

Silakan hitung sendiri: harga gawai kalian, biaya akses internet, biaya listrik untuk mencatu daya gawai… alias gratis. Jejakubikel tidak pernah dan tidak akan pernah memasang tarif untuk berpartisipasi dalam setiap tantangan di sini. Bahkan, Jejakubikel akan bekerja sama dengan beberapa pihak untuk menyediakan hadiah-hadiah bagi pemenang Olimprosade!

Yang benar saja! Masa gratis? Hari gini, masih ada yang gratisan?

Ya, benar. Pendanaan untuk laman ini, hosting, pengelolaan akun-akun media sosial Jejakubikel tidak dibebankan kepada kalian yang mau belajar. Sebagian besar pendanaan ditanggung oleh pengelola laman ini. Sebagian lagi, akan dilakukan dengan penjualan merchandise. Mungkin, kalau saja kami yang mengelola laman ini tidak terlalu gagap teknologi, kami akan pasang iklan di sini. Mungkin.

Apabila ada yang berkeinginan untuk berpartisipasi melalui donasi, silakan layangkan surel ke jejakubikel@gmail.com.

Oke. Saya mau ikut. Saya harus mulai dari mana?

Asyik! Silakan buka laman Teras Tantangan, dan mulailah dari sana! Jangan lupa ikuti media sosial kami, karena semua informasi terbaru akan ada di sana!